Jenis Jenis Koi

Tulisan ini berasal dari berbagai sumber akan digabungkan untuk melengkapi. Dalam pengambilan gambar dan redaksional juga telah saya masukkan sumbernya pemgambilan. Salah satu ikan hias yang termasuk baik dan berharga cukup kompetitif adalah Ikan Koi. Ikan Koi berasal dari Jepang melalui proses yang panjang. Dalam proses yang panjang tersebut didapatkan berbagai jenis yang tentu memiliki keindahan sendiri - sendiri. Berikut jenis - jenis ikan koi berserta keterangannya :

1. Kohaku adalah Koi putih dengan pola warna merah. Warna putih pada Kohaku menjadi pusat     perhatian untuk menentukan kualitasnya. Putihnya harus benar-benar putih sedangkan warna  merah harus pekat dan cerah. Pola merah disebut Hi. Hi harus tebal dengan tepi yang baik. Ada berbagai macam perbedaan pola warna  Kohaku . Ada yang putus, ada yang besar dan menyapu.Kohaku yang baik memilikii pola yang tidak turun melewati mata dan seimbang.

2. Taisho Sanshoku (Sanke) adalah Koi putih dengan pola warna merah dan hitam. Sanke merupakan koi seperti pola Kohaku (hitam putih) , tetapi mereka memiliki pola  hitam di sepanjang punggung mereka. Pola hitam disebut Sumi. Mencari Sanke yang baik adalah seperti memiliki  pola Hi Kohaku . Pola hitam tidak boleh muncul di kepala . Sanke merupakan persilangangan Kohaku dengan Shiro Bekko.Karena varietas ini ditemukan pada era Taisho di Jepang, maka disebut "Taisho Sanshoku" atau disebut "Taisho Sanke" atau "Sanke". 


3.  Showa Sanshoku adalah Koi hitam dengan pola warna merah dan putih. Disebut Showa karena varietas ini ditemukan pada era Showa di Jepang. Singkatnya disebut "Showa Sanshoku" atau "Showa. Showa biasanya merupakan hasil persilangan antara Kohaku dan Shiro Utsuri.


4.  Utsuri mono  adalah  Koi hitam dengan pola warna putih (Shiro Utsuri), merah (Hi Utsuri) atau kuning (Ki utsuri).

5.  Bekko adalah Taisho Sanshoku yang tidak ada pattern/pola warna merah (Shiro Bekko). Jenis yang lain meliputi Aka Bekko (koi merah dengan pola warna hitam), Ki Bekko (koi kuning dengan pola warna hitam).

6.  Asagi merupakan Koi Biru dengan perut berwarna merah, keindahan asagi ada pada pola yang utama adalah sisik yang nampak seperti pola berupa jaring tipis diatas warna dasar indigo. Idealnya Asagi memiliki kepala yang putih bersih. Koi biru keabu-abuan dengan warna merah di sisi badannya, sisi kepala dan sirip
7.  Shusui adalah Shusui merupakan jenis koi dari keluarga asagi namun tidak memiliki sisik. Sisik pada shusui hanya ada pada bagian punggung saja. Warna sisik idealnya berwarna gelap dan ada sepanjang punggung secara lengkap dan rapi.Koi jenis Asagi dari kelompok Doitsu (Koi dengan sisik hanya dibagian punggung / sisi saja).

8.  Koromo adalah Koi dengan pola warna merah yang sekelilingnya berwarna gelap. Koromo merupakan  keturunan Asagi dengan Kohaku atau peranakan dari Asagi dengan salah satu Sanshoku. Macam-macam Koromo adalah Ai-goromo (Blue-Koromo), Sumi-Goromo (Dark-Koro-mo), Budo-Sanshoku, Koromo-Sanke, Koromo-Showa (Ai-Showa). Sedangkan macam - macam Koromo yaitu : Ai-goromo adalah peranakan Asagi dengan Kohaku. Sisiknya yang berwarna merah mempunyai lingkaran tepi biru yang membuatnya tampak cantik. Sumi-goromo adalah koi yang warna hitamnya seperti yang tampak pada bercak hitam Kohaku. Pada kepalanya juga terdapat warna hitam ini. Koi yang mempunyai sisik ungu berbentuk seperti dom-polan buah anggur diberi nama Budo-Sanshoku. Koi ini benar-benar indah. Koromo-Sanke merupakan peranakan dari perkawinan Ai-goromo dan Taisho-Sanke. Tanda biru keluar pada bercak merah pada Taisho-Sanke. Koromo-Showa (Ai-Showa) adalah peranakan dari Ai-goromo dan Showa-Sanshoku. Tanda biru keluar dari bercak merah pada Showa-Sanshoku.

9.  Goshiki adalah Koi jenis Asagi yang mempunyai pattern warna merah.

10. Hikari Muji Adalah Koi metalik adalah istilah yang diterapkan pada koi metalik warna tunggal. metalik. Contoh koi metalik platinum ogon, yamabuki ogon (Kuning muda) , orenji ogon (orange). Warna hikarimuji harus tidak bercacat, seragam, padat, dan mengkilap. Luster of the skin is an important consideration for this koi type. Kilau kulit adalah suatu pertimbangan penting untuk jenis koi. Pattern Pola tidak adanya pola pada koi hikarimuji, satu hanya harus memastikan bahwa kepala adalah sangat jelas, yaitu, ternoda oleh bintik-bintik hitam dan ketidaksempurnaan lainnya. Tubuh, di sisi lain, harus warna seragam dan juga tidak bercacat. Seperti disebutkan sebelumnya, kilap dari sisik dan sirip (terutama sirip dada) adalah penting. 
 
11. Hikari Moyo adalah Koi metalik dengan 2 atau 3 warna, kecuali jenis Utsuri dan  showa yang berwarna metalik, jenisnya meliputi : Hariwake - Koi perak dengan pola warna kuning keemasan Kikusui - Doitsu Hariwake dengan pola warna merah. Yamato Nishiki - Taisho Sanshoku yang berwarna metalik Heisei Nishiki - Taisho Sanshoku metalik jenis Doitsu Kujaku - Goshiki metalik.
12. Jenis  Utsuri yang berwarna metalik, istilah yang diterapkan pada koi yang memiliki warna dasar putih tunggal (shiro Utsuri), atau merah (Utsuri hi), atau kuning (ki Utsuri).  Selama ini warna dasar adalah tanda hitam 'yang' membungkus tubuh (berjalan di bawah garis rusuk) serta memperluas ke kepala.  T. Dengan demikian, semua kriteria yang berlaku untuk kualitas showa sumi dan pola yang berlaku untuk sumi Utsuri. Utsuri was established around 1925. Utsuri didirikan sekitar 1925. Jenisnya meliputi : Kin Showa - Showa metalik Gin Shiro Utsuri - Shiro Utsuri metalik Kin Ki Utsuri- Ki Utsuri metalik.
13.Tancho adalah Koi dengan bulatan merah di kepalanya. Berdasarkan pattern/pola warna lain dibadannya, Tancho dibedakan jenisnya antara lain:Tancho Kohaku, Doitsu Tancho Kohaku, Tancho Showa, Tancho Goshiki.

14. Kin Ginrin adalah Koi dengan sisik keemasan atau keperakkan. 

15. Doitsu adalah koi yang berasal dari pengembangan koi di Jerman Koi dengan sisik hanya dibagian punggung / sisi saja.

16. Kawarimono adalah Koi non metalik yang tidak termasuk dalam kelompok lainnya. Contohnya Chagoi (Koi coklat/hijau kecoklatan/kuning kecoklatan), Ochiba shigure (Koi biru abu-abu dengan pola warna coklat), Kumonryu, Beni Kumonryu, dll.

Sumber :
http://www.kerinponds.com
http://centralkoi.com/
http://breederkoi.com/
http://www.absolute-koi.com
http://koilokal.tripod.com/








Tidak ada komentar:

Posting Komentar